Postingan

Shalat 7 Waktu

Ir. Seokarno pernah berkata bahwasanya “memeluk Islam bukan berarti menjadi Arab, memeluk Kristen bukan berarti menjadi Yahudi, memeluk Hindu/Budha bukan berarti menjadi India”, namun dengan berkembangnya zaman orang-orang sudah mulai mengidentikan agama dengan bangsa di mana agama itu berasal dan melarang agama lain memakai budaya, bahasa dan tata cara seperti yang ada pada bangsa agamanya berasal. Salah satu contoh adalah seperti di Indonesia dan sekitarnya sudah mengklain bahwa sesuatu yang berbau Arab itu berarti miliknya agama Islam, dalam hal ini seperti bahasa Arab, budaya Arab dan Ritual penyembahan Arab. Padahal sebelum agama Islam lahir, di jazirah Arab sudah berkembang Kekristenan di sana itu dapat kita temukan dengan adanya gereja-gereja seperi Gereja Koptik di Mesir, Gereja Ortodoks di Suriah dan Gereja-gereja ritus timur lainnya. Sehingga tata cara peribadahan Gereja-gereja ini kurang lebih hampir mirip dengan tata caranya agama Islam. Waktu berdoa/ibadah mereka pun h...

Ingwer Ludwig Nommensen

                                                            Artikel Misi Lintas Budaya Mendengar tentang nama Nommensen, maka sebagian dari kita bahkan hampir dari k i ta semua tidak asing lagi mendengar nama ini. Nama ini sangat familiar di tengah-tengah kalangan suku Batak (daerah Sumatra Utara) dan juga nama ini familiar di antara orang-orang yang berkecimpung di dalam dunia misi terlebih dari itu nama ini juga sangat familiar di salah satu Gereja suku terbesar di Indonesia yaitu “Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)”. Nommensen adalah salah seorang Penginjil atau Misionaris dari Eropa yang sukses menyebarkan Injil di tanah Batak dan dia - lah yang memenangkan tanah Batak bagi...

Menelusuri Kitab Obaja Ayat 5

Menelusuri Kitab Obaja Ayat 5 Oleh: Yehezkiel Obehetan Pendahuluan               Kitab ini adalah kitab yang paling kecil di dalam Perjanjian Lama, sebab terdiri dari satu pasal saja. Ada ahli-ahli Perjanjian Lama yang memandang bagian yang   pertama dari Kitab ini, yaitu ayat 1-10 sebagai bagian yang kuno, dan yang lain adalah bagian yang muda yang berasal dari jaman sesudah masa pembuangan di Babylon. Menurut pandangan ahli-ahli lain, kitab ini merupakan suatu kesatuan yang berasal dari jaman exilis. Rupanya nabi ini bernubuat sesudah tahun 587 SM., yakni waktu ketika Yerusalem sudah jatuh dan dihancurkan.             Nabi Obaja berbeda dengan nabi-nabi lain dalam pemberitaannya. Dia tidak memprotes dosa Israel dan tidak memberitakan kepada orang Israel murka Allah, sebab Yerusalem pada waktu itu sudah jatuh. Jadi hukuman Allah sudah dilaksanakan. ...